Langkah Aman Menggunakan Bor Tangan Saat Bekerja

19.16 Unknown 0 Comments

Image result for Langkah Aman Menggunakan Bor Tangan Saat Bekerja

sepatu safety murah - Beberapa pekerja lapangan dibagian industri atau pabrik memang harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan agar tidak berjalan banyak hal yg tidak diinginkan seperti kecelakaan ketika bekerja.

Menurut International Labour Organization (ILO), pada th. 2012 ada 29 problem kecelakaan kerja fatal dan menyebabkan kematian dari 100. 000 pekerja. ILO juga mencatat bila masing-masing tahunnya di Indonesia ada 70% berjalan kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat permanen sampai ke kematian. Jika dikalkulasikan dengan angka pasti, masing-masing tahunnya pekerja di Indonesia yang alami kecelakaan sekitar 99. 000. Angka ini pastinya tidaklah jumlah yang sedikit mengingat masing-masing tahunnya berjalan kecelakaan bahkan kematian karena lupa penuhi prasyarat keselamatan dalam bekerja.


Kecelakaan paling banyak yakni karena penggunaan alat-alat berat yg tidak penuhi prosedur dengan baik sampai mengakibatkan cedera serius pada tubuh pekerja itu. Serupa contoh : pekerjaan meletakkan paku memakai alat bor elektrik yang cocok dan benar sampai tangan Kamu tidak terluka.

Ketahui Mesin Bor Lebih Jauh

Bicara problem bor dan keselamatan bekerja, peluang ini juga akan dibicarakan tentang tips memakai bor tangan elektrik dengan benar sampai Kamu lepas dari luka serius saat tengah kerjakan pekerjaan itu.

Sebelumnya tahu tips cara memakai mesin ini, lebih dulu kita harus ketahui lebih jauh cara kerja alat bor dan bagaimana alat ini dapat digunakan untuk penuhi kepentingan perbaikan tempat tinggal ruang kantor atau tempat tinggal Kamu.

Mesin bor atau yang disebut juga dengan drill machine, yaitu alat yang digunakan dengan tangan seperti pistol. Bedanya, alat ini memakai mata bor yang terbuat dari baja pilihan agar dapat menembus bermacam material keras.

Mesin bor juga memiliki type yang berbagai tergantung dari kepentingan Kamu. Satu di antara mesin bor yang sering digunakan oleh beberapa pekerja luar ruang yakni hammer drill. Mesin bor type ini berguna untuk melubangi media yang memiliki material beton.

Untuk melubangi media dengan material yang terbuat dari aluminum, kayu atau besi, ada pula type bor yang berbeda. Mesin gan atau drill machine dioperasikan memakai motor yang ada didalam alat ini. Kemampuan semasing mesin pasti berbeda. Seperti jika bor itu untuk melubangi material beton, maka mesin yang digunakan tentunya memiliki tenaga yang lebih kuat jika di banding dengan mesin bor untuk melubangi kayu.

Bor umum digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan berat yang riskan dengan kecelakaan kerja, sebaiknya saat kamu kerjakan pekerjaan ini kamu selalu memakai alat safety, seperti sarung tangan atau sepatu safety untuk jauhi terjadinya kecelakaan kerja saat bekerja.

Kamu juga harus memerhatikan hal yang beda seperti mata bor. Ukuran dan type mata bor berbagai dan agak banyak. Beberapa type itu terbagi dalam kriteria begini :

Hole saw – Yaitu mata bor yang digunakan untuk melubangi benda-benda yang terbuat dari material seperti kayu dan plat besi.

Flat drill bit – Mata bor ini dapat berguna untuk melubangi material yang terbuat dari kayu, tetapi bedanya dengan hole saw, mata bor type ini untuk buat lubang yang besar pada material kayu atau tripleks.

Counter sink drill bit – Agar sekrup dapat masuk dan muat di material kayu, mata bor type ini dapat Kamu andalkan untuk pekerjaan itu.

Kecuali ke-3 type mata bor itu, untuk pekerjaan melubangi beton dan besi memiliki beberapa type sendiri juga dan dapat digunakan pada mesin bor Kamu.

Setelah Kamu ketahui beberapa type mata bor itu, maka Kamu sudah tahu bila harus memakai mata bor yang cocok dan sama seperti kepentingan pengeboran Kamu. Setelah tahu hal seperti itu, Kamu dapat ikuti tips itu agar pekerjaan mengebor lebih aman dan tidak mengakibatkan kerugian yang berupa kecelakaan pada saat proses memakai mesin bor.

Memegang Mesin Bor Dengan Erat
Seperti senjata api, mesin bor juga memiliki pegangan dan tombol untuk menggerakkan mesin. Mencari bor yang dilengkapi dengan pegangan karet sampai tidak licin saat kerjakan pengeboran. Genggam gagang pegangan bawah mesin bor dengan erat memakai tangan kanan Kamu. Tangan kiri memegang bagian mesin yang dekat dengan ujung mesin bor itu. Tujuannya agar mesin bor ini tidak melenceng ke bermacam arah saat digunakan. Konsentrasi penuh juga diperlukan agar Kamu melubangi bagian yang cocok pada material.

Perlengkapan Pengaman Diri yang Lengkap
Sebaiknya Kamu lengkapi perlengkapan pengamanan diri seperti kaca mata untuk mengebor. Kacamata ini buat perlindungan mata Kamu dari serpihan-serpihan material karena aktivitas melubangi memakai mesin ini. Jika Kamu tidak yakini dengan karet pegangan mesin bor, Kamu dapat memakai sarung tangan dan optimis jika sarung tangan itu terbuat dari material yg tidak licin.
Tempatkan Mesin Bor
Tempat mesin bor juga yaitu segi yang perlu Kamu pikirkan. Tempat pengeboran harus tegak lurus 90°. Kenapa demikian? Agar daya tekan lebih sempurna. Jika pengeboran konsumsi saat lama, berhenti sebentar untuk meregangkan tangan Kamu agar otot tidak kejang.

Cocokkan Kecepatan Putaran Mesin Bor
Seperti yang sudah kita ketahui, mesin bor dilengkapi dengan motor yang berguna jadi penggerak mata bor untuk menembus bermacam type material. Agar pekerjaan mengebor Kamu lebih efisien, kecepatan juga yaitu hal paling penting untuk diperhatikan. Demikian memiliki resiko jika Kamu memakai kecepatan yg tidak pas dengan diameter mata bor. Tangan Kamu juga akan mudah bergoyang dan mesin bor juga akan luput dari material yang inginkan Kamu lubangi.

Informasi untuk kamu berkenaan dengan kendaraan, bila kamu alami persoalan dengan kecepatan kendaraan kamu, mungkin mesin kamu sudah tidak layak untuk di gunakan atau barangkali saja dari penggunaan bahan bakar,. sebaiknya kamu memakai pertamina jalan keluar bahan bakar berkwalitas dan ramah lingkungan dan sudah dapat dibuktikan mengatasi lambatnya kendaraan karena tidak stabil dan perputaran mesin tidak baik.

You Might Also Like

0 comments: